Kamis, 23 September 2010

Interfacing LCD dengan ATMega 8535


Hey Guys,, kali ini saya mau share nih tentang gimana caranya menggunakan LCD dengan mikro AVR ATMega 8535.. LCD yang saya gunakan yakni tipe M1632. Klo belum punya silahkan aja beli di toko-toko elektronika misalnya digiware.com atau eltech di surabaya lebih tepatnya pasar genteng.. 

Nah gambar diatas itu penampakan LCD M1632, sekarang saya akan berikan penjelasan mengenai pin-pin dari LCD tersebut...


Klo anda bingung kaki nomer 1 itu mulai dari mana, lihat aja bagian belakang pada kaki tersebut akan ada tulisan 1 ato 16. Jika ada tulisan 1 maka itu pin no 1. Sekarang bagaimana Rangkaian Driver untuk menggunakan LCD itu dengan Mikrokontroller...



  • Hubungkan pinA.0-7 itu pada satu PORT mikrokontroller saya misalkan pake PORTA.
  • AGND adalah kaki Ground.
  • +5V catu daya 5Volt.
  • VR disitu digunakan untuk mensetting kontras pada LCD saya gunakan 10KOhm.
  • Diode 1 ampere sebagai pengaman dari polaritas yang terbalik.
Untuk rangkaian lengkapnya secara utuh dengan Mikro ATMega 8535 yakni


Untuk Foto hardwarenya yang sudah jadi nanti saya posting lagi,,,
Silahkan download skema rangkaian diatas dibawah ini
Bagi yang belum memiliki program Eagle 5.7.0  silahkan download disini


Nb: Pembaca yang baik hati selalu meninggalkan komentar...Thanks


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

6 Comments:

Rianta said...

Wah iki mantep infone, mikro ini soale yg Q pake di proposal PKM Qu . . . Ntar nek ada kesulitan, aQ konsul ke km da!! Hehe . . .

redo said...

Ok2..thank dah komen ian
Best Regrads...

Adraya said...

Wah mantap bang. Ajarin dumz, hehe.

redo said...

Ah biasa aj di..
Thank`s dah komen...

Anonim said...

kalo menggunakan 128*64 (GLCD JHD12864E) Interfacing LCD dengan ATMega 8535 nya apakah sama gan...?
Soal nya saya dapet tugas menggunakan LCD tersebut.
Mohon pencerahannya gan...

Anonim said...

kalau untuk LCD 8x2 gmn ya?

Posting Komentar

Entri Populer

 

Menanam Ilmu Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha