Rabu, 22 September 2010

6 Kesalahan Utama Dalam Pemasaran Internet


     Pemasaran produk pada dunia internet atau yang lebih dikenal dengan internet marketing sudah menjamur. Khususnya bagi pebisnis-pebisnis yang ingin memberikan nilai lebih dalam pemasaran produknya.  Jika anda adalah memiliki situs atau website yang khususnya digunakan dalam pemasaran produk anda maka saya sarankan berhenti sejenak dengan segala rutinitas anda. Pelajarilah artikel ini dengan baik serta renungkan apakah upaya  pemasaran produk pada website anda sudah benar???

      1.  Menggunakan Hosting Service yg GRATIS

          Terus terang saja, kalau Anda serius agar internet melakukan promosi thp bisnis Anda, jangan lakukan hal ini, kecuali Anda buat situs web hanya untuk hobi Anda belaka. Beberapa dari provider  hosting  yg gratis itu adalah Angelfire, Tripod, Geocities, HyperMart, FreeYellow, dsb. Mengapa? Karena ada beberapa 'hosting provider' gratis yg 'download time' -nya lama atau payah. Situs web Anda merupakan aset yg paling penting, yaitu sbg perwakilan dari bisnis Anda, dan harus memberikan impresi yg baik pertama kali. Di samping itu sebenarnya tidak gratis sama sekali. Karena mereka yg masuk ke situs web Anda pun harus melihat banner dari perusahaan hosting tsb dan kata-kata iklan mereka dilokasi utama dari situs web Anda. Hal ini tentu sangat menguntungkan di sisi bisnis bagi perusahaan 'hosting' tsb.


     2. Terlalu banyak grafik, java, dan music/audio, dll
     
          Ini adalah kesalahan kedua yg harus Anda pertimbangkan dalam mengimplementasikan bisnis diinternet  untuk menjangkau pasar digital. Fungsi situs web perusahaan Anda adalah untuk menjual produk dan servis Anda, bukan? dan bukan untuk menghibur para pengunjung situs web Anda. Jadi segala sesuatu yg mengalihkan perhatian mereka harus dihindari. Kalau Anda bukan seorang desainer grafis, maka grafis yg memakan waktu sewaktu 'download', ini akan memberikan impresi yg jelek sehingga situs web Anda tidak dapat membantu penjualan Anda terhadap pasar offline. Begitu pula dgn  java yang dapat membuat 'crash' browser dari para pengunjung situs web Anda. Intinya hati-hati dengan plug-ins yg lain. Begitu juga dgn suara-suara, klip musik pada situs web Anda!
   
     3. Tidak Meminta, dan Bertindak Berdasarkan FeedBack

         Ini merupakan kesalahan lain. Yg jelas Anda secara pribadi harus meminta kritik dan saran dan bertindak berdasarkan umpan balik dari komentar mereka. Seperti misalnya, ada orang yg suka dan ada juga yg tidak suka mengunjungi situs web yg memiliki 'frame'. Nah apa jadinya kalau Anda tidak  meminta saran dan umpan balik komentar mereka. Karena kalau tidak, mungkin kita menyangka bahwa semuanya berjalan dgn baik, namun sejumlah pengunjung tidak suka, karena bermasalah dgn 'browser' mereka.

      4. Tidak mengatur komunikasi email Anda secara efisien

          Komunikasi email Anda serta melakukan follow-up email yg rutin terhadap prospek dan kastemer akan sangat sangat merepotkan Anda namun pada saat yg bersamaan komunikasi via email sangatlah penting untuk menjaga hubungan dgn prospek dan kastemer Anda, karena itu belajarlah teknik  menulis 'copywriting' yg hidup dan persuasif. Karena Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk memberikan impresi yg pertama kepada calon prospek. Lalu jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan rutin hendaknya dibuat otomatis sehingga Anda akan lebih memiliki semangat untuk menjawab email yg berisi hal-hal yg tidak rutin.

       5. Tidak membuat atau membangun opt-in database email.

          Awas! Ini kesalahan serius! Jika Anda tidak berupaya membangun opt-in email database untuk melakukan kontak reguler dengan prospek dan kastemer Anda melalui email, bisnis Anda hanya akan seperti membuang-buang duit saja. Karena hal itu sama seperti Anda tidak meminta dan bertukar kartu nama dengan calon prospek Anda yg kemudian dapat Anda lakukan follow-up.

         Orang-orang pada umumnya membeli barang yg mereka inginkan kalau bisa hanya dari orang yg mereka kenal dan percaya. Karena itu tidak ada cara lain yg lebih baik untuk membuat orang percaya Anda dengan cara memperlihatkan kepada mereka bahwa perusahaan  Anda adalah pakar di bidang  yg  Anda tekuni dan tidak lupa mengontak mereka dengan interval waktu tertentu. Karena itu, serius  sekali Anda harus membuat ezine (majalah elektronik), sebab ezine memungkinkan Anda tidak kehilangan kontak dengan target pasar Anda. Dengan ezine, Anda membuat prospek dan kastemer Anda tetap ingat Anda, tepat ingat untuk berkunjung balik ke situs web Anda, khususnya apabila Anda memiliki informasi ttg produk baru dan update situs web.
     
       6. Reputasi hancur karena promosi yg salah

          Belum lengkap kalau saya tidak memasukkan bahwa "spamming" adalah salah satu kesalahan lain dalam strategi pemasaran di Internet. Ini adalah kesalahan terbesar. Jadi tidak ada  alasan untuk melakukan 'spamming'. Hal lain pun sama seperti mempromosikan produk dan bisnis perusahaan Anda terang-terang ke salah satu forum online yg tidak relevan dengan industri Anda, atau forum online yg tidak memperbolehkan promosi blak-blakan. Jadi kenapa harus mengorbankan reputasi Anda dengan cara-cara yg negatif dari strategi pemasaran yg diragukan seperti itu? Jika Anda berbisnis namun mengabaikan masalah moral, maka bisnis Anda beresiko besar!

Demikianlah  6 Kesalahan Utama Dalam Pemasaran Internet semoga sedikit ilmu ini dapat bermanfaat... Selamat Mencoba...!!!
Sumber : bjoconsulting.com (eMarketing Research & Strategy)





      

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

Entri Populer

 

Menanam Ilmu Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha