Senin, 11 Oktober 2010

Membuat USB Downloader Serial AVR


Kali ini saya akan sedikit berbagi informasi tentang pembuatan USB Downloader untuk Mikrokontroller jenis AVR yang sedang ramai di jual di pasaran. Sebenarnya sudah banyak dibahas tentang pembuatan USB Downloader di Internet, tapi saya akan sedikit me-review tentang cara-cara pembuatan Downloader ini...

Untuk Rangkaian Downloader USB ini saya ambil dari fischl. Rangkain ini bisa menggunakan Mikro AT Mega8 atau ATMega 48 atau mikro AVR lainnya, asalkan konfigurasi pin-pin sama. Saya menyarankan pake ATMega 8 karena biayanya cukup murah. Gambar keseluruhan yakni :








Jika anda tidak mau membuat dengan PCB Matriks, saya sudah siapkan desain PCB dengan menggunakan Eagle mikrokontroller yang saya gunakan yakni ATMega 8. Jika anda belum memiliki software Eagle silahkan membaca postingan saya sebelumnya, disitu terdapat link dowload Eagle. Gambar Layout PCB yang sudah jadi yakni :


Untuk lebih jelasnya silahkan download skema diatas pada link dibawah. Setelah anda mendownload dan membuat skema diatas dengan PCB polos. Apakah ini sudah bisa digunakan???
ehhmmm sabar dulu, anda harus mengisi program pada mikro tersebut agar bisa terdeteksi pada komputer anda. Setelah anda memprogram mikro tersebuta maka anda bisa menjalankan USB tersebut dengan menggunakan software Khazama. Software ini digunakan dalam proses pengisian mikro target anda dengan menggunakan USB Downloader ini..
Untuk program dan bagaimana penggunaan software Khazama, nanti saya akan posting kembali.

Link Download :
1. Skematik
2. Khazama

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

6 Comments:

Anonim said...

bwt nge-flash AT89S52 bsa gk?

redo said...

@anonim: wah sejauh ini bwt AVR aj setau saya.. klo pake keluarga MCS belum nyoba...

Anonim said...

kasi link dwnload firmware nya donk??

ian said...

bos terima kasih informasinya :c:

Anonim said...

mas ini downloader nya untuk isi mikro pada PCB ap ke PCB lain?
Kanu Mikro target itu untuk ap ?
klo downloader yg langsung isi Mikro pada PCB nya sndiri bisa mas? jadi ga perlu rangkaian lain..

Unknown said...

mantap gan lanjutkan
backlink ya
http://anime-world-host.blogspot.com/

Posting Komentar

Entri Populer

 

Menanam Ilmu Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha