Sabtu, 11 Desember 2010

Tradisi-Tradisi Unik Tahun Baru Diberbagai Negara


Tahun Baru adalah salah satu momentum yang bagi kebanyakan orang Indonesia merayakannya dengan menyulut petasan, meniup terompet, ataupun berhura-hura dijalan raya. Namun ada banyak cara yang dilakukan orang-orang di berbagai belahan negara untuk merayakan pergantian tahun ini. Mari kita "intip" perayaan tahun baru di berbagai belahan negara lainnya.
  •  JERMAN

    Menurut kepercayaan orang Jerman, jika mereka makan sisa hidangan pesta perayaan New Year’s Eve di tanggal 1 Januari, dipercaya mereka tidak akan kekurangan pangan selama setahun penuh.
    Di Berlin, makanan klasik yang biasa disajikan di hari istimewa ini ialah ikan mas. Yang unik, duri ikan mas tersebut akan dibagikan kepada para tamu untuk dibawa pulang sebagai good luck charm di tahun itu.
  • YUNANI

    Menurut orang Yunani buah delima melambangkan kesuburan dan kesuksesan. Pada setiap tanggal 1 Januari, mereka , menebarkan biji buah delima ke arah pintu rumah, toko atau perkantoran.
  • BRAZIL
    Lemanja, adalah dewa laut yang terkenal dalam legenda negara ini.
    Sehingga untuk menghargai dewa Lemanja, maka pada tengah malam disetiap tanggal 1 Januari dengan berbaju putih bersih orang-orang Brazil berbondong-bondong menuju pantai. Mereka menaburkan bunga di laut, mengubur mangga, pepaya dan semangka di pasir pantai sebagai tanda penghormatan mereka terhadap sang dewa.
  •  ITALIA

    Di Naples, salah satu kota di Italia ada suatu kebiasaan untuk melemparkan barang-barang yang sudah usang atau tidak terpakai lagi ke luar jendela tepat pada pukul 24:00 di tanggal 31 Desember.Sehingga apabila Anda berjalan-jalan di Naples pada tanggal 1 Januari, jangan heran apabila banyak peralatan dapur, lemari es dan barang-barang rongsokan lainnya tersebar di jalanan.
  • KOREA

    Orang Korea mempunyai sapaan akrab di setiap tahun baru “Sudahkah Anda makan Thuck-Gook?”. Menurut kepercayaan orang Korea, apabila pada malam pergantian tahun menyantap kaldu daging sapi dengan potongan telur dadar dan kerupuk nasi atau thuck gook, maka mereka tidak akan menjadi tua di tahun itu.
  • SPANYOLKetika jam berdenting pada tengah malam tepat tanggal 31 Desember, orang-orang Spanyol biasanya makan anggur dan berdoa. Jumlah anggur yang dimakan hanya 12 biji, dengan maksud untuk 12 harapan pada setiap 12 bulan di tahun yang akan datang.
  • JEPANG

    Di setiap tahun baru, orang Jepang biasanya menikmati makanan yang terdiri dari tiga jenis makanan awetan yaitu telur ikan (sebagai simbol kemakmuran), ikan sardin asap (biasa disebut tatsukuri, yang berarti tanah yang subur) dan manisan tumbuhan laut (yang merupakan simbol perayaan).
  • INDONESIA

    Berkeliling kota menggunakan mobil dan sepeda motor. Terompet dari kertas karton yang dibunyikan orang di jalan-jalan dan tempat hiburan. Hotel dan tempat-tempat hiburan mengadakan jamuan makan malam dan pertunjukan musik. 
  • AMERIKA

    Perayaan tahun baru di New York berpusat di  Time Square(nama sebuah persimpangan jalan di Manhattan, New York). Acara pergantian tahun ditandai dengan tradisi penurunan  bola raksasa di Times Square. Pada pukul 23.59.00, bola diturunkan dari tiang pengikatnya di atas gedung One Times Square, dan sampai di bagian bawah tiang tepat pukul 00.00 tengah malam. 

  • MEKSIKO

    Orang Meksiko memakan 12 buah anggur satu per satu sambil mengikuti bunyi lonceng gereja yang dibunyikan menjelang pergantian tahun. Sebuah anggur dimakan sambil mengucapkan sebuah harapan di tahun yang baru.
  • TURKI

    Tukar-menukar hadiah, dan mengadakan pesta makan malam bersama keluarga dan teman-teman.
      
  • EKUADOR 
  • Tokoh-tokoh yang tidak disukai, seperti politisi yang dibenci dijadikan model orang-orangan dari jerami, kertas koran, pakaian usang, berikut topeng dari kertas. Sering pula orang-orangan tersebut diisi dengan kembang api. Selepas tengah malam, orang-orangan tersebut dibakar untuk melambangkan terhapusnya tahun yang lewat, dan datangnya tahun yang baru.

  • Laki-laki yang berpakaian sebagai wanita harus membuat sebanyak mungkin orang tertawa dengan menangis habis-habisan.
  • Tradisi memakan buah anggur sambil mengucapkan harapan di tahun yang baru. Semuanya ada 12 buah anggur yang melambangkan 12 harapan, dan harus dimakan sebelum tengah malam.
  • Tradisi memakai pakaian dalam berwarna kuning yang dipercaya mendatangkan keberuntungan di tahun baru.
  • Hong Kong
    Orang berkumpul di pinggir pantai distrik Central, Causeway Bay and Tsim Sha Tsui untuk melihat permainan cahaya di gedung-gedung pencakar langit sepanjang Pelabuhan Victoria.
  • India
    Pertunjukan musik dan tari oleh bintang-bintang bollywood dan pesta kembang api.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

7 Comments:

ReBorn said...

indonesia perayaannya yang paling ga berarti ya. ghehehe.

Rezky Pratama said...

wah ntar tahun barunya,,,dengan libur mefet

redo said...

@reborn: iya bener jg,, tp lebih g jelas lagi ya negara EKUADOR tuh..

redo said...

@rezky: iya rez,, hmm padahal udah pengen liburan aj..

Jasa Seo said...

saya paling suka kalau mengenai tradisi cina

Baju Korea said...

saya lebih suka suasana di kota china

outbound malang said...

kunjungan gan .,.
bagi" motivasi
keberuntungan selalu menghampri kita
hanya saja kita yg trkdng tdk brfkir demikian.,.
si tunggu kunjungan baliknya gan.,

Posting Komentar

Entri Populer

 

Menanam Ilmu Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha